CARA MENGATASI MERPATI CACINGAN

CARA MENGATASI MERPATI CACINGAN

CARA MENGATASI MERPATI CACINGAN

Bagi sebagian orang, merawat merpati merupakan hobi yang menyenangkan. Terlebih lagi jika merpati yang dirawat merupakan merpati yang bisa diikutsertakan dalam lomba. Burung merpati memang sering diikutsertakan dalam lomba khusus burung merpati. Oleh karena itu maka kondisi burung merpati harus selalu sehat dan memiliki jiwa fighter sehingga nantinya akan menjadi pemenang dalam lomba tersebut.

Salah satu masalah yang umum terjadi pada merpati adalah terkena cacingan. Adanya cacing pada merpati memang akan mepengaruhi kesehatan burung tersebut. Bahkan kondisi tubuhnya bisa menjadi lebih kurus sehingga tidak bisa mengikuti lomba seperti biasanya. Kondisi seperti ini sebaiknya jangan dibiarkan karena akan berakibat fatal. Segera tangani dengan baik dan menggunakan penanganan yang tepat.

Beberapa Gejala Merpati Cacingan

Berbicara mengenai merpati cacingan tentu saja ada beberapa gejala yang perlu kamu ketahui agar bis asegara melakukan penanganan. Beberapa gejalanya yaitu sebagai berikut:

a. Bulu merpati kurang berminyak dan terlihat sangat kusam
b. Badan merpati tetap kurus meskipun banyak makan
c. Terlihat ada cacing pada kotoran merpati
d. Selain cacing, terdapat telur cacingnya pada kotoran merpati
e. Merpati terlihat tak bergairah
f. Terdapat cacing yang keluar dari dubur cacing

Beberapa gejala tersebut memang akan muncul pada merpati sehingga segera tangani dengan baik agar merpati kembali sehat dan bisa kembali ikut dalam sebuah lomba yang biasa diikuti merpati. Jangan membiarkan kondisi merpati dalam keadaan cacingan. Tangani dengan benar.

Inilah Cara Mengatasi Merpati Cacingan

Terkait mengenai langkah dan cara mengatasi merpati cacingan ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Simak berikut ini langkah dan tatacaranya!
- Pilih obat cacing yang efektif. Misalnya obat cacing alami dari ramuan tertentu, obat cacing manusia atau obat cacing yang dikhususkan untuk merpati
- Hindari memberikan obat cacing untuk merpati yang sedang sakit, dibawah usia 1 bulan, sedang meloloh atau kondisi kurang baik lainnya
- Berikan obat cacing pada saat merpati sedang istirahat
- Perhatikan dosis pemberian obat cacing
- Gunakan obat cacing untuk merpati pada pagi hari sebelum di beri pakan
- Jika sudah diberikan obat cacing maka biarkan merpati agar beristiraha untuk memuliskan kondisinya
- Pastikan merpati istirahat pada saat penanganan dan pengobatan masalah cacingan agar

kondisinya kembali normal dan semua masalah cacing bisa segera tuntas dan merpati kembali sehat.
Penanganan merpati cacingan memang jangan dibiarkan terlalu lama. Segera berikan penanganan yang tepat agar tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih buruk lagi.

Berikan penanganan dengan cepat untuk membasmi cacing cacing di perut merpati tersebut. Setelah minimal 1 minggu pengobatan maka perhatikan aktivitas merpati apakah sudah kembali normal dan lincah. Jika sudah kembali pada kondisi sebelumnya maka merpati sudah bebas cacing.