UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Inilah Tujuan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University


UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber University – Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini, dunia pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi tentu harus berlomba-lomba menjadikan kampusnya sebagai sebuah kampus yang berbasis teknologi.

Saat ini sudah cukup banyak sekali Perguruan Tinggi di Indonesia yang telah mewujudkannya dengan tujuan yang berbeda-beda seperti untuk meningkatkan kredibilitas kampus, sebagai salah satu cara untuk menyandang status universitas kelas dunia dan masih banyak lagi tujuanlainnya. Dikarenakan hal ini maka sering kali anda akan menemukan istilah baru seperti e-learning, eBook dan Cyber University.

Lalu, Apa Itu Cyber University?


Cyber university atau dikenal dengan Perguruan Tinggi Digital merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh beberapa Perguruan Tinggi yang umumnya sedang menggunakan system berbasis online.

Saat ini banyak sekali Perguruan Tinggi yang menerapkan Cyber University ini yang salah satunya yaitu UNTAN atau Universitas Tanjungpura yang telah membangun ekosistem digital menuju Cyber University.

Tujuan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University


Cyber University sendiri merupakan sebuah metode yang berbeda jauh dengan Universitas Tradisional terutama dalam proses belajar dan mengajar. Sama seperti namanya yaitu Cyber University maka proses belajar ataupun mengajar dilakukan secara online misalnya ketika dosen sedang berhalangan hadir maka mahasiswa masih tetap bisa belajar karena dosen tersebut mengajar melalui live video.

Hal ini tentu sangat efektif namun Perguruan Tinggi yang menerapkan hal ini harus selalu menumbuhkan kesadaran dan motivasi kepada mahasiswanya.

Universitas Tanjungpura atau UNTAN membangun ekosistem digital menuju Cyber University memang memiliki tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, untuk menarik mahasiswa baru serta agar UNTAN mampu bersaing di era industry 4.0 ini yang memang mengharuskan Universitasa tau Perguruan Tinggi mengikuti trend.

Lalu, Bagaimana UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University?


Universitas Negeri Tanju pura atau UNTAN memang masih terhitung baru dalam menerapkan system digital dalam setiap metode belajar atau mengajar.

Membangun ekosistem digital menuju Cyber University ini memang bisa dikatakan cukup sulit dimana pihak universitas tentunya harusmenciptakan motivasi tinggi untuk mahasiswanya, pihak universitas harus selalumenciptakan sosialisasi terikat Antara dosen dan mahasiswa di universitas tersebut.

Selain itu, modul pembelajaran juga harus disiapkan dengan sangat matang dand isiapkanjauh-jauh hari sebelum materi tersebut disampaikan kepada para mahasiswa dimana materi-materinya tentu harus berbentuk digital seperti sebuah video. Namun tak hanya itu saja, pihak universitas juga harus selalu menyediakan fasilitas yang memang menunjang hal tersebut menjadi lancar dan cepat.

Saat dunia telah memasuki era digital maka tentu sejak itulah teknologi menjadi bagian dari kehidupan yang akan membuat segala hal menjadi lebih mudah dan cepat. Misalnya saja dibidang pendidikan, segala hal baik dalam proses belajar atau mengajar saat ini memang selalu berhubungan dengan digital apalagi kini dengan semakin luasnya jaringan internet maka akan semakin memudahkan segala prosenya yang pasti tidak terhalang letak geografis, waktu atau hallainnya.


Cyber University merupakan sebuah kecanggihan fasilitas untuk menunjang segala proses terutama di dunia pendidikan maka agar bisa bersaing dan untuk melahirkan generasi yang efektif maka semua perguruan tinggi wajib untuk membangun atau menciptakan ekosistem digital untuk menuju Cyber Univesity sehingga hal inilah yang menjadikan Univesitas Tanjung pura atau UNTAN membangun ekosistem digital menuju cyber university.